Program Studi Teknik Informatika (D3)
VISI PROGRAM STUDITEKNIK INFORMATIKA
”PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG MENJADI PROGRAM STUDI VOKASI YANG DIAKUI, MAMPU BERSAING, AKUNTABEL, BERKARAKTER DAN BERETIKA DALAM PENERAPAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI”
MISI PROGRAM STUDITEKNIK INFORMATIKA
Misi Program Studi D III Teknik Informatika yaitu:
- Melaksanakan pendidikan tinggi vokasi bidang teknologi informasi yang unggul, berkarakter dan beretika;
- Meningkatkan dan menguatkan budaya akademik, organisasi, dan kerja yang berkarakter dan beretika;
- Meningkatkan kualitas manajemen, melalui perbaikan berkelanjutan berdasarkan prinsip tata kelola yang baik, dan
- Mengembangkan kerjasama dengan pemangku kepentingan.
TUJUAN STRATEGIS PROGRAM STUDITEKNIK INFORMATIKA
Tujuan Program Studi D III Teknik Informatika mengacu pada tujuan Polines yang tertuang pada Renstra Polines (2015-2019) adalah sebagai berikut:
- Menghasilkan lulusan yang memilik ikeahlian dibidang teknologi informasi dengan penguasaan kompetensi software
-
Developer,Database Administrator, Multimedia Designer, Nework engineer,IT Preneur yang diakuidunia industri melalui pola pendidikan berbasis produksi;
-
Mengembangkan pengetahuan terapan bidang teknologi informasi yang memajukan penerapan teknologidi industri dan masyarakat;
- Meningkatkan budayaakademik,organisasi,dan kerja yang sehat dan dinamis sebagai basis kerjasama dengan pemangku kepentingan guna mengembangkan penerapan teknologi informasi dan memajukan kemandirian masyarakat;
- Menerapkan manajemen perguruan tinggi modern dalampengelolaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;dan
- Mewujudkan kepakaran bidang teknologi informasi yang bermanfaat dan diakui secara nasional dan internasional.
SASARAN PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA DAN STRATEGI PENCAPAIAN
Sesuai dengan tugas dan fungsi Politeknik Negeri Semarang sebagai penyelenggara Pendidikan tinggi vokasi, khususnya program studi Teknik Informatika, sasaran strategis yang ditetapkan berikut ini merupakan penjabaran dari tujuan strategis khususnya dalam bidang teknologi yaitu:
- Meningkatnya kualitas lulusan berbasis kompetensi teknik informatika , pengembangan program pembelajaran,dan program studi serta daya saing di tingkat nasional dan atau internasional;
- Meningkatnya publikasi karya ilmiah dan karya kreatif-inovatif sivitas akademika;
- Meningkatnya aktivitas berbasis rencana strategis dan jumlah mitra yang memanfaatkan karya kreatif-inovatif sivitas akademika;
- Meningkatnya kualitas layanan berbasis evaluasi bidang akademik dan non-akademik secara berkelanjutan,dan
- Meningkatnya kepakaran dan peran dosen terhadap pemangku kepentingan (stakeholders)
Lulusan program ini memiliki kompetensi terhadap instalasi dan perawatan dalam bidang infrastruktur jaringan komputer dan mobil communication, stressing pada content software, Information Technology (IT)dan information.
Bidang Pekerjaan
Instansi Pemerintah/Swasta/Industri: pembuatan program aplikasi database, perawatan jaringan komputer perkan-toran/perusahaan, pembuatan website. Jasa Informasi Teknologi : pemrograman mobile (Android), pemrograman desktop, pemrograman website/framework, perancangan multimedia, perancangan jaringan komputer. Wirausaha : perawatan jasa komputer (install, pemrograman), desain website, pembuatan program aplikasi mobile.
Kurikulum :
No.
|
Mata Kuliah | Jumlah | Paket | |
Kode | Nama | Sks | Semester | |
1 | 334-161-101 | Matematika Diskrit | 1 | 1 |
2 | 334-161-102 | Pengantar Teknologi Informasi | 2 | 1 |
3 | 334-161-103 | Algoritma Dan Pemrograman | 3 | 1 |
4 | 334-161-104 | Pemrograman Terstruktur | 3 | 1 |
5 | 334-161-105 | Rangkaian Logika | 3 | 1 |
6 | 334-161-106 | Sistem Operasi | 3 | 1 |
7 | 334-161-107 | Desain Grafis Dasar | 3 | 1 |
8 | 334-161-108 | Dasar-Dasar Komputer | 1 | 1 |
9 | 334-161-201 | Pemrograman Visual | 3 | 2 |
10 | 334-161-202 | Pendidikan Agama | 2 | 2 |
11 | 334-161-203 | Pancasila | 2 | 2 |
12 | 334-161-204 | Metode Numerik | 1 | 2 |
13 | 334-161-205 | Statistika | 1 | 2 |
14 | 334-161-206 | Desain Grafis Lanjut | 3 | 2 |
15 | 334-161-207 | Pemrograman Berbasis Obyek | 3 | 2 |
16 | 334-161-208 | Sistem Basis Data Dasar | 3 | 2 |
17 | 334-161-209 | Komunikasi Data (T/P) | 3 | 2 |
18 | 334-161-301 | Kewarganegaraan | 1 | 3 |
19 | 334-161-302 | Bahasa Indonesia | 1 | 3 |
20 | 334-161-303 | Bahasa Inggris I | 1 | 3 |
21 | 334-161-304 | Arsitektur dan Organisasi Komputer | 1 | 3 |
22 | 334-161-305 | Pemrograman Assembler | 3 | 3 |
23 | 334-161-306 | Sistem Basis Data Lanjut | 3 | 3 |
24 | 334-161-307 | Jaringan Komputer I | 3 | 3 |
25 | 334-161-308 | Pemrograman Web Dinamis | 3 | 3 |
26 | 334-161-309 | Pemrograman Perangkat Bergerak | 3 | 3 |
27 | 334-161-401 | Bahasa Inggris II | 1 | 4 |
28 | 334-161-402 | Pemrograman Basisdata | 3 | 4 |
29 | 334-161-403 | Mikroprosesor & Antarmuka | 3 | 4 |
30 | 334-161-404 | Jaringan Komputer II | 3 | 4 |
31 | 334-161-405 | Pemrograman Web Berbasis Framework | 3 | 4 |
32 | 334-161-406 | Sistem Multimedia | 3 | 4 |
33 | 334-161-407 | Perancangan Sistem Informasi | 3 | 4 |
34 | 334-161-501 | Bahasa Inggris III | 1 | 5 |
35 | 334-161-502 | Pemrograman Basisdata Jaringan | 3 | 5 |
36 | 334-161-503 | Sistem Terbenam | 3 | 5 |
37 | 334-161-504 | Pengantar Sertifikasi Profesi | 3 | 5 |
38 | 334-161-505 | Pemrograman Game | 2 | 5 |
39 | 334-161-506 | PKL | 1 | 5 |
40 | 334-161-507 | IoT (Internet of Things) | 3 | 5 |
41 | 334-161-508 | Interaksi Manusia dan Komputer | 2 | 5 |
42 | 334-161-601 | Bahasa Inggris IV | 1 | 6 |
43 | 334-161-602 | Metodologi Penelitian IT | 2 | 6 |
44 | 334-161-603 | E-commerce | 1 | 6 |
45 | 334-161-604 | Kewirausahaan | 1 | 6 |
46 | 334-161-605 | Sistem Informasi Enterprise | 3 | 6 |
47 | 334-161-606 | Pengantar Kecerdasan Buatan | 3 | 6 |
48 | 334-161-607 | Etika Profesi | 1 | 6 |
49 | 334-161-608 | K3 | 1 | 6 |
50 | 334-161-609 | Tugas Akhir | 4 | 6 |