Aplikasi jARkom untuk Bantu Siswa SMK Negeri 3 Kendal Belajar Mengenai Perangkat Keras Jaringan Komputer
KENDAL – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Kompetitif Politeknik Negeri Semarang (POLINES) telah berhasil melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK Negeri 3 Kendal pada Kamis Siang (15/06/2023) dengan tema “Pembelajaran Jaringan Komputer yang Kreatif dan Inovatif Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada SMK Negeri 3 Kendal”.
Tim PKM-Kompetitif diketuai oleh Kuwat Santoso, S.Kom., M.Kom. dan dianggotai oleh beberapa dosen lainnya diantaranya Aisyatul Karima, S.Kom., M.Cs., Afandi Nur Aziz Thohari, S.T., M.Cs., dan Mirasanti Wahyuni, S.E., M.Si.. Beberapa mahasiswa dari prodi D3-Teknik Informatika juga dilibatkan dalam kegiatan pengabdian antara lain Aurinda Lutfifia Yessa Chatia, Afifah Naura Kamilia, Nandya Nurmala, dan Rafi Adi Pramana dengan harapan dapat memberi gambaran mengenai langkah perguruan tinggi dalam mengabdi di masyarakat. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama kurang lebih 5 bulan sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.
Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan berupa pengembangan aplikasi mobile jARkom untuk membantu siswa SMK Negeri 3 Kendal mengenali berbagai jenis perangkat keras jaringan komputer melalui fitur Augmented Reality. Pengembangan perangkat lunak sendiri merupakan bidang yang relevan dengan sebagian besar Mata Kuliah Teknik Informatika POLINES sehingga harapannya mahasiswa yang terlibat juga bisa mampu berinovasi untuk menciptakan ide-ide bermanfaat bagi masyarakat sekitar di masa depan. Selain untuk mahasiswa, dengan adanya aplikasi mobile jARkom ini juga bisa mengajak siswa-siswa di SMK Negeri 3 Kendal supaya termotivasi untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif melalui implementasi teknologi Augmented Reality.
Latar belakang permasalahan yang diangkat dari pengabdian masyarakat ini adalah keterbatasan peralatan praktikum jaringan komputer di SMK Negeri 3 Kendal. Peralatan praktikum jaringan komputer yang tersedia tidak setara dengan rasio jumlah siswa yang ada menyebabkan para guru dan siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran praktikum jaringan komputer. Melihat permasalahan tersebut, para pengajar membutuhkan metode pembelajaran baru yang lebih inovatif, efektif, dan efisien.
Sebagai solusinya, Tim PKM-Kompetifif POLINES menghadirkan aplikasi mobile jARkom dengan pendekatan konsep laboratirium virtual dalam mendukung proses belajar mengajar mengenai perangkat keras jaringan komputer. Aplikasi jARkom bekerja dengan cara mendeteksi marker yang sudah disiapkan sebelumnya sebagai target menampilkan objek 3D virtual yang dapat dilihat di layar smartphone.
Kegiatan Pengabdian Masyarakat di SMK Negeri 3 Kendal tidak sebatas pengembangan aplikasi saja, dari tim PKM-Kompetitif juga telah melakukan pendampingan mengenai teknologi Augmented Reality dan penggunaan aplikasi mobile jARkom kepada para guru dan siswa disana. Selama pendampingan, siswa SMK Negeri 3 Kendal diajak untuk mencoba fitur-fitur yang ada di aplikasi jARkom sembari mendengarkan penjelasan materi mengenai Augmented Reality. Harapannya, pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar peserta didik setelahnya.