Program Studi Teknik Informatika (D3)
VISI
"Program Studi Teknik Informatika Polines menjadi Program Studi Terapan yang Diakui secara Nasional dan Internasional, mampu Bersaing, Akuntabel, Berkarakter dan Beretika dalam bidang Teknik Informatika"
MISI
Misi Program Studi D III Teknik Informatika yaitu:
- Melaksanakan pendidikan tinggi vokasi bidang teknik informatika yang unggul, berkarakter dan beretika
- Melaksanakan dan mengembangkan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknik informatika
- 3Meningkatkan kualitas manajemen program studi melalui perbaikan berkelanjutan berdasarkan prinsip tata kelola yang baik
- Menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, berkarakter dan beretika
- Mengembangkan kerjasama dengan pemangku kepentingan
TUJUAN
Tujuan Program Studi D III Teknik Informatika:
- Meningkatnya kualitas dan daya saing lulusan berbasis kompetensi, pengembangan program pembelajaran berbasis teaching industry, Program Studi baru serta daya saing ditingkat nasional dan atau internasional
- Meningkatnya publikasi karya ilmiah dan karya kreatif- inovatif sivitas akademika
- Meningkatnya kualitas manajemen program studi dalam pengelolaan pendidikan dengan tata kelola manajemen program studi yang berkualitas
- Meningkatnya sumber daya dosen dan tenaga kependidikan yang kompeten, profesional, berkarakter dan beretika
- Meningkatnya kerja sama yang mendorong kepakaran dan peran dosen terhadap pemangku kepentingan
SASARAN STRATEGIS
Sesuai dengan tugas dan fungsi Politeknik Negeri Semarang sebagai penyelenggara Pendidikan tinggi vokasi, khususnya program studi Teknik Informatika, sasaran strategis yang ditetapkan berikut ini merupakan penjabaran dari tujuan strategis khususnya dalam bidang teknologi yaitu:
- Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian di bidang teknik informatika yang profesional, berkarakter dan beretika dan diakui dunia industri melalui pola pendidikan berbasis Project Base Learning (PBL) dan metode pemecahan kasus (case methods)
- Mewujudkan budaya akademik, organisasi kerja yang sehat dan dinamis dalam upaya memberikan layanan yang bermutu kepada seluruh pemangku kepentingan
- Mewujudkan sumber daya dosen dan tenaga kependidikan yang kompeten, profesional, berkarakter dan beretika
- Mewujudkan kerja sama guna mendorong kepakaran bidang teknik informatika melalui penelitian dan pengabdian yang bermanfaat dan diakui secara nasional dan internasional
- Memanfaatkan hilirisasi produk riset dan inovasi yang dapat bernilai manfaat dan komersial untuk industri dan masyarakat
LULUSAN
- Mampu mengoperasikan, menginstalasi, troubleshooting, memperbaiki, menguji dan mengadaptasi sistem keinformatikaan sesuai dengan rancangan atau standar yang berlaku.
- Mendesain tampilan antarmuka sesuai kebutuhan industri
- Merancang bangun perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan industri
- Mampu memilih metode/alat dari berbagai pilihan yang ada dengan melakukan mengolah data untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya
- Menunjukkan hasil kerja dengan mutu dan kuantitas sesuai dengan target yang ditetapkan baik secara mandiri maupun dalam kelompok kerja.
Profil Lulusan
- Software Engineer
- Mampu menyelesaikan pekerjaan sebagai pembuat, penguji dan pemelihara perangkat lunak baik pada platform desktop, web, maupun mobile.
- Network Engineer
- Mampu bertanggung jawab atas implementasi, pemeliharaan, dan mengembangkan jaringan komputer dalam suatu organisasi
- Embedded System Engineer
- Memiliki kemampuan dalam desain, membangun, implementasi, dan merawat sistem tertanam dengan menggunakan tools yang tepat
- Data Engineer
- Memiliki kemampuan untuk membangun infrastruktur data yang masih belum terstruktur
- Digitalpreneur
- Mampu menciptakan, mengelola dan memasarkan produk berbasis teknologi informasi
No |
Kode MK |
Nama MK |
SKS |
Jam/Pekan |
||
T |
P |
T |
P |
|||
1 |
334-201-101 |
Bahasa Indonesia |
2 |
0 |
2 |
0 |
2 |
334-201-102 |
Matematika Diskrit |
1 |
0 |
2 |
0 |
3 |
334-201-103 |
Pengantar Teknologi Informasi |
1 |
0 |
2 |
0 |
4 |
334-201-104 |
Arsitektur dan Organisasi Komputer |
1 |
0 |
2 |
0 |
5 |
334-201-105 |
Sistem Operasi |
1 |
2 |
2 |
4 |
6 |
334-201-106 |
Rekayasa Perangkat Lunak |
1 |
2 |
2 |
4 |
7 |
334-201-107 |
Algoritma dan Pemrograman |
1 |
2 |
2 |
4 |
8 |
334-201-108 |
Dasar Pemrograman |
1 |
2 |
2 |
4 |
9 |
334-201-109 |
Desain Grafis |
1 |
2 |
2 |
4 |
Jumlah |
10 |
10 |
18 |
20 |
||
Total |
20 |
38 |
Semester 2
No |
Kode MK |
Nama MK |
SKS |
Jam/Pekan |
||
T |
P |
T |
P |
|||
1 |
334-201-201 |
Pendidikan Agama |
2 |
0 |
2 |
0 |
2 |
334-201-202 |
Pancasila |
2 |
0 |
2 |
0 |
3 |
334-201-203 |
Bahasa Inggris I |
1 |
0 |
2 |
0 |
4 |
334-201-204 |
Statistika |
1 |
0 |
2 |
0 |
5 |
334-201-205 |
Komunikasi Data |
1 |
2 |
2 |
4 |
6 |
334-201-206 |
Jaringan Komputer I |
1 |
2 |
2 |
4 |
7 |
334-201-207 |
Perancangan Sistem Informasi |
1 |
2 |
2 |
4 |
8 |
334-201-208 |
Pemrograman Berorientasi Objek |
1 |
2 |
2 |
4 |
9 |
334-201-209 |
Desain UI/UX |
1 |
2 |
2 |
4 |
Jumlah |
11 |
10 |
18 |
20 |
||
Total |
21 |
38 |
Semester 3
No |
Kode MK |
Nama MK |
SKS |
Jam/Pekan |
||
T |
P |
T |
P |
|||
1 |
334-201-301 |
Kewarganegaraan |
2 |
0 |
2 |
0 |
2 |
334-201-302 |
Jaringan Komputer II |
1 |
2 |
2 |
4 |
3 |
334-201-303 |
Sistem Terbenam |
1 |
2 |
2 |
4 |
4 |
334-201-304 |
Sistem Basis Data |
1 |
2 |
2 |
4 |
5 |
334-201-305 |
Keamanan Informasi |
1 |
2 |
2 |
4 |
6 |
334-201-306 |
Pemrograman Perangkat Bergerak |
1 |
2 |
2 |
4 |
7 |
334-201-307 |
Pemrograman Web Dinamis |
1 |
2 |
2 |
4 |
8 |
334-201-308 |
Bahasa Inggris II |
1 |
0 |
2 |
0 |
Jumlah |
9 |
12 |
16 |
24 |
||
Total |
21 |
40 |
Semester 4
No |
Kode MK |
Nama MK |
SKS |
Jam/Pekan |
||
T |
P |
T |
P |
|||
1 |
334-201-401 |
Internet of Things |
1 |
2 |
2 |
4 |
2 |
334-201-402 |
Keamanan Siber |
1 |
2 |
2 |
4 |
3 |
334-201-403 |
Kecerdasan Buatan |
1 |
2 |
2 |
4 |
4 |
334-201-404 |
Pemrograman Basis Data |
1 |
2 |
2 |
4 |
5 |
334-201-405 |
Pemrograman Web Berbasis Framework |
0 |
2 |
0 |
4 |
6 |
334-201-406 |
Sistem Multimedia |
1 |
2 |
2 |
4 |
7 |
334-201-407 |
Pemrograman Game |
1 |
2 |
2 |
4 |
|
|
Jumlah |
6 |
14 |
12 |
28 |
Total |
20 |
40 |
Semester 5
No |
Kode MK |
Nama MK |
SKS |
Jam/Pekan |
||
T |
P |
T |
P |
|||
1 |
334-201-501 |
Magang Industri |
0 |
20 |
0 |
38 |
|
|
Jumlah |
|
20 |
|
38 |
|
|
Total |
20 |
38 |
Semester 6
No |
Kode MK |
Nama MK |
SKS |
Jam/Pekan |
||
T |
P |
T |
P |
|||
1 |
334-201-601 |
Etika Profesi |
1 |
0 |
2 |
0 |
2 |
334-201-602 |
Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja |
1 |
0 |
2 |
0 |
3 |
334-201-603 |
Technopreneurship |
1 |
0 |
2 |
0 |
4 |
334-201-604 |
Pengolahan Citra |
1 |
2 |
2 |
4 |
5 |
334-201-605 |
Sistem Informasi Enterprise |
1 |
2 |
2 |
4 |
6 |
334-201-606 |
Big Data |
1 |
2 |
2 |
4 |
7 |
334-201-607 |
Informatika Kesehatan |
1 |
0 |
2 |
0 |
8 |
334-201-608 |
Tugas Akhir |
0 |
4 |
0 |
8 |
|
|
Jumlah |
7 |
10 |
14 |
20 |
|
|
Total |
17 |
34 |
||
Total SKS |
119 |
|