Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer (S.Tr)
Visi Program Studi:
Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer Politeknik Negeri Semarang menjadi program studi yang unggul, inovatif, dan berkarakter dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informatika
Misi Program Studi:
1. Melaksanakan pendidikan tinggi vokasi bidang teknologi informatika yang unggul, inovatif dan berkarakter.
2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknologi informatika yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
3. Melaksanakan tata kelola program studi melalui perbaikan berkelanjutan.
4. Menerapkan budaya akademik yang berkarakter.
5. Mengembangkan kerjasama dengan pemangku kepentingan.
Profil Lulusan
Profil Lulusan |
Deskripsi |
Software Engineer |
Lulusan yang memiliki kemampuan membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer. |
Network & Cloud Engineer |
Lulusan mampu menghubungkan antara perangkat lunak dan perangkat keras dilengkapi konektivitas jaringan secara cepat, handal dan aman |
IT Analyst |
Lulusan yang bertanggung jawab atas perencanaan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan |
Data Analysts & Scientists |
Lulusan paham secara teori dan mampu secara praktik dalam pengelolaan teks dan citra menggunakan teknik machine learning |
IT Preneur |
Lulusan yang memiliki kemampuan dalam menganalisis dan merancang rencana bisnis dan mewujudkannya dalam perusahaan skala kecil (Startup Company) sebagai wirausahawan yang menerapkan keilmuan dibidang informatika dan komputer |
Kurikulum
Smt | Kode MK/Blok | Nama MK/Blok | SKS | JAM | ||
Teori | Praktek | Teori | Praktek | |||
I | 432-191-101 | Pengantar Teknologi Informasi | 2 | 0 | 2 | 0 |
(Information Technology Fundamental) | ||||||
432-191-102 | Dasar Pemrograman | 2 | 1 | 2 | 4 | |
(Programming Fundamental) | ||||||
432-191-103 | Sistem Operasi | 2 | 1 | 2 | 4 | |
(Operating System) | ||||||
432-191-104 | Arsitektur dan Organisasi Komputer | 2 | 1 | 2 | 4 | |
(Computer Architecture and | ||||||
Organization) | ||||||
432-191-105 | Komunikasi Data | 2 | 1 | 2 | 4 | |
(Data Communication) | ||||||
432-191-106 | Logika dan Algoritma (Logic and Algorithm) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-107 | Desain Grafis | 2 | 1 | 2 | 4 | |
(Graphical Design) | ||||||
Sub Total Smt I | 14 | 6 | 14 | 24 | ||
II | 432-191-201 | Kalkulus (Calculus) | 2 | 0 | 2 | 0 |
432-191-202 | Struktur Data | 2 | 1 | 2 | 4 | |
(Fundamental Data Structure) | ||||||
432-191-203 | Probabilitas dan Statistik (Probability & Statistics) | 2 | 0 | 2 | 0 | |
432-191-204 | Pemrograman Berbasis Objek (Object Oriented Programming) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-205 | Basis Data | 2 | 1 | 2 | 4 | |
(Database Query Language) | ||||||
432-191-206 | Agama | 2 | 0 | 2 | 0 | |
(Religion Education) | ||||||
432-191-207 | Bahasa Inggris I (English 1) | 2 | 0 | 2 | 0 | |
432-191-208 | Jaringan Komputer I (Computer Network I) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-209 | Pemrograman Visual (Visual Programming) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
Sub Total Smt II | 18 | 5 | 18 | 20 | ||
III | 432-191-301 | Kecerdasan Buatan | 2 | 1 | 2 | 4 |
(Artificial Intelligence) | ||||||
432-191-302 | Jaringan Komputer 2 (Computer Network 2) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-303 | Pemrograman Perangkat Bergerak (Mobile Programming) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-304 | Matematika Diskrit (Discrete Maths) | 2 | 0 | 2 | 0 | |
432-191-305 | Pemrograman Web Dinamis (Dynamic Web Progamming) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-306 | Mikroprosesor & Mikrokontroller | 2 | 1 | 2 | 4 | |
(Microprocessors & Microcontrollers) | ||||||
432-191-307 | Sistem Tertanam | 2 | 1 | 2 | 4 | |
(Embedded System) | ||||||
Sub Total Smt III | 14 | 6 | 14 | 24 | ||
IV | 432-191-401 | Pembelajaran Mesin (Machine Learning) | 2 | 1 | 2 | 4 |
432-191-402 | Keamanan Jaringan (Network Security) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-403 | Pancasila | 2 | 0 | 2 | 0 | |
432-191-404 | Pemrograman Game (Game Programming) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-405 | Interoperabilitas (Interoperability) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-406 | Pemrograman Web Berbasis | 2 | 1 | 2 | 4 | |
Framework | ||||||
(Web Framework Programing) | ||||||
432-191-407 | Pengolahan Citra (Image Processing) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
Sub Total Smt IV | 14 | 6 | 14 | 24 | ||
V | 432-191-501 | Bahasa Inggris 2 (English 2) | 2 | 0 | 2 | 0 |
432-191-502 | Desain dan Perancangan Sistem | 2 | 1 | 2 | 4 | |
Informasi | ||||||
(Information System Planning & | ||||||
Design) | ||||||
432-191-503 | Sistem Multimedia (Multimedia System) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-504 | Internet of Things (IoT) (Internet of Things (IoT)) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-505 | Data Mining (Data Mining) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-506 | Komputasi Awan (Cloud Computing) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-507 | Kewarganegaran | 2 | 0 | 2 | 0 | |
(Indonesian Nationality) | ||||||
432-191-508 | Keamanan, Kesehatan, dan | 2 | 0 | 2 | 0 | |
Keselamatan Kerja | ||||||
(Occupational Health and Safety) | ||||||
432-191-509 | Interaksi Manusia dan Komputer (Human Computer Interaction) | 2 | 0 | 2 | 0 | |
Sub Total Smt V | 18 | 5 | 18 | 20 | ||
VI | 432-191-601 | Sistem Informasi Enterprise | 2 | 1 | 2 | 4 |
(Enterprise Information System) | ||||||
432-191-602 | Bahasa Indonesia (Bahasa) | 2 | 0 | 2 | 0 | |
432-191-603 | Simulasi dan Pemrograman Robot (Robot Programming and Simulation) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-604 | Big Data (Big Data) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-605 | Real-Time System (Real-Time System) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-606 | Manajemen Proyek | 2 | 0 | 2 | 0 | |
(Project Management) | ||||||
432-191-607 | Metodologi Penelitian (Research Methodology) | 2 | 0 | 2 | 0 | |
432-191-608 | Technopreneurship (Technopreneurship) | 2 | 0 | 2 | 0 | |
432-191-609 | Pengembangan Game (Game Development) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
Sub Total Smt VII | 18 | 5 | 18 | 20 | ||
VII | 432-191-701 | Virtual System & Services (Virtual System & Services) | 2 | 1 | 2 | 4 |
432-191-702 | Etika Profesi | 2 | 0 | 2 | 0 | |
(Professional Ethics) | ||||||
432-191-703 | Integrative Programming (Integrative Programming) | 2 | 1 | 2 | 4 | |
432-191-704 | Special Topic in Industrial Informatic (Special Topic in Industrial Informatic) | 2 | 0 | 2 | 0 | |
432-191-705 | Automasi Industri | 2 | 1 | 2 | 4 | |
(Industrial Automation) | ||||||
432-191-706 | Tugas Akhir (Thesis) | 0 | 6 | 0 | 6 | |
Sub Total Smt VII | 10 | 9 | 10 | 18 | ||
VIII | 432-191-801 | MAGANG | 0 | 6 | 0 | 6 |
Sub Total Smt VIII | 0 | 6 | 0 | 6 | ||
Total sks | 106 | 48 | 106 | 156 | ||
Prosentase | 68% | 32% | 40% | 60% |