Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer (S.Tr)

Visi Program Studi:
Program Studi Teknologi Rekayasa Komputer Politeknik Negeri Semarang menjadi program studi yang unggul, inovatif, dan berkarakter dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informatika

Misi Program Studi:
1. Melaksanakan pendidikan tinggi vokasi bidang teknologi informatika yang unggul, inovatif dan berkarakter.
2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknologi informatika yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
3. Melaksanakan tata kelola program studi melalui perbaikan berkelanjutan.
4. Menerapkan budaya akademik yang berkarakter.
5. Mengembangkan kerjasama dengan pemangku kepentingan.

Profil Lulusan

Profil Lulusan

Deskripsi

Software Engineer

Lulusan yang memiliki kemampuan membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.

Network & Cloud Engineer

Lulusan mampu menghubungkan antara perangkat lunak dan perangkat keras dilengkapi konektivitas jaringan secara cepat, handal dan aman

IT Analyst

Lulusan yang bertanggung jawab atas perencanaan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan

Data Analysts & Scientists

Lulusan paham secara teori dan mampu secara praktik dalam pengelolaan teks dan citra menggunakan teknik machine learning

IT Preneur

Lulusan yang memiliki kemampuan dalam menganalisis dan merancang rencana bisnis dan mewujudkannya dalam perusahaan skala kecil (Startup Company) sebagai wirausahawan yang menerapkan keilmuan dibidang informatika dan komputer

 

Kurikulum

Smt  Kode MK/Blok  Nama MK/Blok  SKS  JAM 
Teori  Praktek  Teori  Praktek 
432-191-101  Pengantar Teknologi Informasi  2 0 2 0
(Information Technology Fundamental) 
432-191-102  Dasar Pemrograman  2 1 2 4
(Programming Fundamental) 
432-191-103  Sistem Operasi  2 1 2 4
(Operating System) 
432-191-104  Arsitektur dan Organisasi Komputer  2 1 2 4
(Computer Architecture and 
Organization) 
432-191-105  Komunikasi Data  2 1 2 4
(Data Communication) 
432-191-106  Logika dan Algoritma (Logic and Algorithm)  2 1 2 4
432-191-107  Desain Grafis   2 1 2 4
(Graphical Design) 
  Sub Total Smt I  14 6 14 24
II  432-191-201  Kalkulus (Calculus)  2 0 2 0
432-191-202  Struktur Data  2 1 2 4
  (Fundamental Data Structure)         
432-191-203  Probabilitas dan Statistik (Probability & Statistics)  2 0 2 0
432-191-204  Pemrograman Berbasis Objek (Object Oriented Programming)  2 1 2 4
432-191-205  Basis Data   2 1 2 4
(Database Query Language) 
432-191-206  Agama  2 0 2 0
(Religion Education) 
432-191-207  Bahasa Inggris I  (English 1)  2 0 2 0
432-191-208  Jaringan Komputer I (Computer Network I)  2 1 2 4
432-191-209  Pemrograman Visual (Visual Programming)  2 1 2 4
  Sub Total Smt II  18 5 18 20
III  432-191-301  Kecerdasan Buatan  2 1 2 4
(Artificial Intelligence) 
432-191-302  Jaringan Komputer 2 (Computer Network 2)  2 1 2 4
432-191-303  Pemrograman Perangkat Bergerak (Mobile Programming)  2 1 2 4
432-191-304  Matematika Diskrit  (Discrete Maths)  2 0 2 0
432-191-305  Pemrograman Web Dinamis (Dynamic Web Progamming)  2 1 2 4
432-191-306  Mikroprosesor & Mikrokontroller   2 1 2 4
(Microprocessors & Microcontrollers) 
432-191-307  Sistem Tertanam  2 1 2 4
(Embedded System) 
  Sub Total Smt III  14 6 14 24
IV  432-191-401  Pembelajaran Mesin  (Machine Learning)  2 1 2 4
432-191-402  Keamanan Jaringan (Network Security)  2 1 2 4
432-191-403  Pancasila  2 0 2 0
432-191-404  Pemrograman Game  (Game Programming)  2 1 2 4
432-191-405  Interoperabilitas (Interoperability)  2 1 2 4
432-191-406  Pemrograman Web Berbasis  2 1 2 4
Framework 
(Web Framework Programing) 
432-191-407  Pengolahan Citra (Image Processing)  2 1 2 4
  Sub Total Smt IV  14 6 14 24
432-191-501  Bahasa Inggris 2 (English 2)  2 0 2 0
432-191-502  Desain dan Perancangan Sistem  2 1 2 4
Informasi 
(Information System Planning & 
Design) 
432-191-503  Sistem Multimedia (Multimedia System)  2 1 2 4
432-191-504  Internet of Things (IoT)  (Internet of Things (IoT))  2 1 2 4
432-191-505  Data Mining (Data Mining)  2 1 2 4
432-191-506  Komputasi Awan (Cloud Computing)  2 1 2 4
432-191-507  Kewarganegaran  2 0 2 0
(Indonesian Nationality) 
432-191-508  Keamanan, Kesehatan, dan  2 0 2 0
Keselamatan Kerja  
(Occupational Health and Safety) 
432-191-509  Interaksi Manusia dan Komputer (Human Computer Interaction)  2 0 2 0
  Sub Total Smt V  18 5 18 20
VI  432-191-601  Sistem Informasi Enterprise   2 1 2 4
(Enterprise Information System) 
432-191-602  Bahasa Indonesia (Bahasa)  2 0 2 0
432-191-603  Simulasi dan Pemrograman Robot  (Robot Programming and Simulation)  2 1 2 4
432-191-604  Big Data (Big Data)  2 1 2 4
432-191-605  Real-Time System (Real-Time System)  2 1 2 4
432-191-606  Manajemen Proyek  2 0 2 0
(Project Management) 
432-191-607  Metodologi Penelitian  (Research Methodology)  2 0 2 0
432-191-608  Technopreneurship (Technopreneurship)  2 0 2 0
432-191-609  Pengembangan Game (Game Development)  2 1 2 4
    Sub Total Smt VII  18 5 18 20
VII  432-191-701  Virtual System & Services (Virtual System & Services)  2 1 2 4
432-191-702  Etika Profesi  2 0 2 0
(Professional Ethics) 
432-191-703  Integrative Programming  (Integrative Programming)  2 1 2 4
432-191-704  Special Topic in Industrial Informatic  (Special Topic in Industrial Informatic)  2 0 2 0
432-191-705  Automasi Industri  2 1 2 4
(Industrial Automation) 
432-191-706  Tugas Akhir  (Thesis)  0 6 0 6
    Sub Total Smt VII  10 9 10 18
VIII  432-191-801  MAGANG  0 6 0 6
    Sub Total Smt VIII  0 6 0 6
             
    Total sks  106 48 106 156
    Prosentase  68% 32% 40% 60%